Impor Terhambat Virus Corona, Wartiah: Saatnya Indonesia Mandiri

0
222

EKBIZ.ID – Ditengah mewabahnya virus corona, Anggota Komisi XI DPR RI Wartiah menghimbau pemerintah agar memberikan insentif kepada pelaku usaha di Indonesia, misalnya di sektor pariwisata, industri dan pelaku ekspor dalam bentuk tax holiday pengurangan tarif PPH badan.

“Untuk sektor perhotelan dan restoran, bantuan berupa diskon tarif listrik juga penting agar beban produksi setidaknya bisa lebih ringan,” ucapnya, Kamis (5/3/2020).

Politisi PPP ini menjelaskan kalau mewabahnya virus cona di berbagai negara termasuk Indonesia membuat impor terhambat. Konidisi ini sebenarnya menjadi peluang bagi industri dalam negeri khususnya IKM (Industri kecil dan menengah) untuk menghasilkan barang substitusi atau pengganti impor.

“Wabah virus corona memberi pelajaran penting bagi Indonesia untuk membangun kemandirian dan tidak bergantung pada barang impor,” ujarnya.

Disamping itu menurutnya pemerintah saat ini perlu mengalokasikan dana untuk pencegahan penyebaran virus corona agar tidak  meluas.  Anggaran itu diantaranya digunakan untuk memperbaiki fasilitas-faslitas  kesehatan dan pencegahan virus corona di pintu-pintu perbatasan Indonesia.